ITIL merupakan rangkaian konsep dan teknik pengelolaan
infrastruktur, pengembangan, serta operasi TI. ITIL diterbitkan dalam suatu
buku yang membahas suatu topik pengelolaan TI yang isinya memberikan deskripsi
detail tentang beberapa praktek TI. ITIL dipublikasikan pertama kali yaitu
1989-1996.
1. Service
Strategy
Ini merupakan inti dari ITIL Service Life Cycle yang
memberikan panduan kepada pengimplementasian ITSM . Panduan ini disajikan dalam
bentuk prinsip-prinsip dasar konsep ITSM, acuan, serta proses-proses inti.
Proses di dalamnya yaitu:
- Service Portofolio Management.
- Financial Management.
- Demand Management.
2. Service
Design
Agar layanan TI dapat memberikan manfaat pada bisnis,
layanan TI harus terlebih dahulu didesain dengan tujuan bisnis dari
pelanggannya. Service Design memberikan panduan kepada organisasi TI untuk bisa
secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI.
Proses di dalamnya yaitu:
- Service Catalog Management.
- Service Level Management.
- Supplier Management.
- Capacity Management.
- Availability Management.
- IT Service Countinuity Management.
- Information Security Management.
3. Service
Transition
Menyediakan panduan kepada organisasi TI agar dapat
mengembangkan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI. Tahapan ini
menggambarkan bagaimana sebuah kebutuhan didefinisikan dalam Service Strategy,
lalu dibentuk dalam Service Design dan selanjutnya secara efektif
direalisasikan dalam Service Operation
Proses di dalamnya yaitu:
- Transation Planning and Support.
- Change Management.
- Service Assset and Configuration Management.
- Release and Deployment Management.
- Service Validation.
- Evaluation.
- Knowledge Management.
- Transation Planning and Support.
- Change Management.
- Service Assset and Configuration Management.
- Release and Deployment Management.
- Service Validation.
- Evaluation.
- Knowledge Management.
4. Service
Operational
Ini adalah tahapan life cycle yang mencakup semua kegiatan
operasional layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat beberapa panduan-panduan
untuk mengelola layanan TI secara efisien.
- Proses di dalamnya:
- Event Management.
- Incident Management.
- Problem Management.
- Request Fulfillment.
- Access Management.
5.
Continual Service Improvement (CSI)
sumber :
http://lellync.blogspot.com/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
sumber :
http://lellync.blogspot.com/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar